cara mengecek jumlah backlink blog

Bila blog diibaratkan sebuah toko,maka Backlink bisa diibaratkan sebagai jalan untuk menuju ke toko tersebut.Semakin banyak backlink,maka akan semakin mudah pula pengunjung untuk menemukan blog kita dan efeknya adalah akan meningkatkan traffic.Backlink juga mempunyai peranan penting bagi blog atau website,karena om Google memberikan nilai yang berupa pagerank adalah berdasarkan pada backlink.

Untuk mendapatkan backlink bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu tukeran link dengan blog lain yang se tema dengan blog kita,komen di blog yang dofollow (meskipun menurut pendapat beberapa kawan backlink dari blog yang nofollow pun juga tetap bermanfaat) namun jangan spam ya, mendaftarkan di iklan baris,dll. Luangkan waktu anda untuk berburu backlink sebanyak-banyaknya,jadikan hal tersebut sebagai hoby karena manfaatnya yang besar pada blog.

Selanjutnya adalah bagaimana cara mengetahui backlink blog kita? sebenarnya ada banyak cara cek backlink blog, saya akan memberikan 3 tool yang sering saya pakai untuk cek backlink




1. http://www.backlinkwatch.com
Situs ini akan menampilkan jumlah inbound link atau link yang masuk pada sebuah blog/website yang disertai dengan keterangan mengenai sumber backlink,anchor text dan keterangan apabila blog tersebut nofollow.

2.http://www.backlinkchecker.net 

Data yang disajikan backlinkchecker.net ini lebih komplit,selain dapat melakukan cek terhadap inbound link (link masuk)juga dapat menyajikan outbound link (link keluar) dari sebuah blog,selain itu juga cek pagerank,alexa rank dll.

3.http://www.bad-neighborhood.com/text-link-tool.htm